skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Ukuran Penyakit Kista

Ukuran Penyakit Kista

Kista adalah sebuah kantung atau suatu pengumpulan cairan yang tumbuh pada indung telur. Cairan ini terbungkus oleh semacam selaput, dan terbentuk dari lapisan terluar dari ovarium.

Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab timbulnya kista. Dari penyebab itulah yang nantinya akan menentukan jenis kista apa yang terbentuk. Ada beberapa jenis kista yang paling banyak ditemukan, diantaranya kista ovarium dan kista folikel. Kista jenis ini terbentuk disebabkan oleh pertumbuhan folikel ovarium yang tidak terkontrol.

Folikel merupakan suatu rongga cairan normal yang terdapat di dalam ovarium. Jika folikel dalam keadaan normal, folikel yang berisi sel telur ini akan terbuka saat siklus menstruasi untuk melepaskan sel telur. Namun pada beberapa kasus, folikel ini tidak terbuka sehingga menimbulkan bendungan carian yang nantinya akan menjadi kista.

Faktor penyebab kista ovarium

Selain dengan gejalanya, ada beberapa faktor penyebab kista ovarium yang menempel pada dinding rahim.

Berikut beberapa Penyebab pada penderita Kista:

  1. Pengentalan darah ketika menstruasi

Bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi tetapi dalam darahnya mengeluarkan darah yang kental. Itu dipastikan akan mengalami faktor penyebab kista ovarium terjadi. jenis penyebab inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit kista ini hadir dan menyerang pada tubuh Anda. dengan itu, kalian harus juga bisa melakukan tindakan pencegahan jika tidak ingin mengalami kejadian seperti ini. yang penyakit kista ini bisa bersifat membahayakan wanita, dan bahkan bisa menyebabkan kemandulan. Berhati hatilah terhadap kejadian ini, yang bisa membuat wanita kehilangan nyawa.

  1. Siklus menstruasi tidak teratur

Menstruasi yang tidak teratur pasti ada bermasalah pada dalam tubuh nya. Makannya kalian harus buru buru melakukan pengecekkan terhadap rahim Anda, agar mengetahui apa masalahnya, dan kejadian ini dapat dimasukkan dalam faktor penyebab kista ovarium pada dinding rahim.

  1. Hormon mengalami gangguan

Setiap orang pasti mempunyai hormon, cuma yang membedakannya adalah tingkatannya saja. Dan faktor penyebab kista ovarium adalah hormon akan mengalami gangguan. jenis penyebab inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit kista ini hadir dan menyerang pada tubuh Anda.

Ukuran Kista Ovarium Yang Berbahaya

Kista Ovarium adalah kantung berisi cairan atau setengah cair, udara, cairan kental atau nanah yang terdapat pada indung telur ( Ovarium ).

Indung telur merupakan salah satu organ reproduksi wanita yakni kelenjar berbentuk biji buah kenari yang terletak di kanan dan kiri uterus (rahim) yang berfungsi sebagai penghasil sel telur.

Dimana sepasang ovarium pada wanita dapat menghasilkan 300.000 sel telur. Selain penghasil sel telur ovarium juga merupakan tempat pematangan sel telur.

Ada 5 jenis kista ovarium yang biasanya dialami oleh wanita, yakni :

– Kista fungsional yakni kista yang terbentuk dari jaringan yang berubah pada saat menstruasi

– Kista Demoid yakni kista yang berisi berbagai jenis jaringan seperti rambut, kuku, gigi dan lainnya

– Kista Endometriosis yakni kista yang terbentuk dari jaringan endometriosis berisi darah yang mengental dan membeku

– Kista Adenoma yakni kista yang terbentuk dari sel-sel pada lapisan luar permukaan ovarium

– Kista Polikistik yakni disini ovarium berisi banyak kista yang terbentuk dari bangunan kista folikel

Seperti apa yang telah kami singgung diatas bahwa kista ovarium memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda.

Semakin besar ukuran kista ovarium maka semakin besar pula bahaya yang bisa ditimbulkan oleh penyakit kista tersebut.

Lalu berapa ukuran kista yang berbahaya ?

Kista ovarium yang diderita oleh seorang wanita dikatakan berbahaya sehingga diperlukan pengobatan yang lebih serius adalah jika ukuran kista sudah mencapai 5-10 cm atau lebih dari 10 cm .

Biasanya kista ovarium yang sudah membesar akan menimbulkan gejala pada penderitanya yakni berupa :

– Menstruasi yang tidak teratur.

– Nyeri pada tulang panggul.

– Sering buang air kecil.

– Pencernaan yang tidak lancar.

– Senantiasa merasa kenyang atau kembung.

– Sulit buang air besar.

– Mengalami pendarahan

– Nyeri Perut

– Keputihan

Selain menunjukan ukuran kista yang sudah besar yakni mencapai lebih dari 5 cm gejala diatas juga bisa terjadi apabila kista pecah.

Apa Itu CancerCare?

CancerCare adalah formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit kanker. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat CancerCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

CancerCare memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membuang racun dalam darah, menghalangi sel kanker agat tidak melakukan pembelahan diri, memberantas sel kanker tanpa merusak sel sehat lainnya.