skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Radang Kista

Penyakit Radang Kista

Kista adalah sebuah kantung atau suatu pengumpulan cairan yang tumbuh pada indung telur. Cairan ini terbungkus oleh semacam selaput, dan terbentuk dari lapisan terluar dari ovarium.

Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab timbulnya kista. Dari penyebab itulah yang nantinya akan menentukan jenis kista apa yang terbentuk. Ada beberapa jenis kista yang paling banyak ditemukan, diantaranya kista ovarium dan kista folikel. Kista jenis ini terbentuk disebabkan oleh pertumbuhan folikel ovarium yang tidak terkontrol.

Folikel merupakan suatu rongga cairan normal yang terdapat di dalam ovarium. Jika folikel dalam keadaan normal, folikel yang berisi sel telur ini akan terbuka saat siklus menstruasi untuk melepaskan sel telur. Namun pada beberapa kasus, folikel ini tidak terbuka sehingga menimbulkan bendungan carian yang nantinya akan menjadi kista.

Cairan yang mengisi kista sebagian besar berupa darah yang keluar akibat dari perlukaan yang terjadi pada pembuluh darah kecil ovarium. Pada beberapa kasus, kista dapat pula diisi oleh jaringan abnormal tubuh seperti rambut dan gigi.

Pada kebanyakan wanita, mereka tidak menyadari jika sedang menderita kista. Jika kista menimbulkan gejala, maka keluhan yang paling sering dirasakan adalah:

– Siklus menstruasi yang tidak teratur.

– Terjadi bercak – bercak pada vagina dan sering terasa nyeri.

– Interfilitas.

– Perut bagian bawah terasa sangat nyeri.

– Merasakan bahwa tekanan pada perut atau panggul yang lebih rendah atau selalu terasa penuh.

– Selama menstruasi, panggul terasa nyeri berlebihan dan sering kali juga menyerang punggung bagian bawah.

– Ada tekanan untuk selalu buang air kecil atau besar yang terus menerus.

– Mual disertai muntah yang berkelanjutan.

Jenis-jenis kista ovarium

Secara umum, ada dua jenis utama kista ovarium:

  1. Kista fungsional.

Setiap perempuan memiliki dua ovarium (indung telur) yang menyimpan dan melepaskan telur. Masing-masing ovarium sebesar biji kenari dan terletak di setiap sisi rahim. Satu ovarium menghasilkan satu telur setiap bulan, dan proses ini memulai siklus bulanan menstruasi wanita. Telur terselubungi kantong yang disebut folikel. Sebuah telur tumbuh di dalam ovarium sampai hormon estrogen memberikan sinyal ke rahim untuk mempersiapkan diri menerima telur.

Pada saatnya, lapisan rahim mulai menebal dan mempersiapkan untuk implantasi telur terbuahi yang mengakibatkan kehamilan. Siklus ini terjadi setiap bulan dan biasanya berakhir ketika telur tidak dibuahi. Semua isi rahim kemudian digugurkan jika telur tidak dibuahi. Proses ini disebut menstruasi.

Jika folikel gagal pecah dan melepaskan telur, cairan menetap dan dapat membentuk kista di ovarium. Dalam gambar USG, kista ovarium ini menyerupai gelembung berdinding tipis yang berisi cairan. Jenis kista ini disebut kista fungsional atau kista sederhana.

Ini adalah kista yang paling umum dan biasanya menghilang secara spontan dalam satu atau dua siklus menstruasi. Wanita usia produktif dapat memiliki kista kecil di ovariumnya pada setiap saat. Kista fungsional baru menjadi masalah bila tidak hilang secara spontan setelah 2-3 bulan dan menimbulkan rasa sakit atau menghalangi kehamilan.

  1. Kista organik/kista abnormal

Kista jenis ini adalah hasil pertumbuhan sel abnormal (tumor), yang umumnya jinak. Dalam kasus yang jarang terjadi, kista organik dapat menjadi kanker. Contoh kista organik adalah kista dermoid dan polikistik ovarium (PCO). Kista dermoid berisi beberapa materi tak terduga seperti jaringan lemak, rambut, gigi, potongan-potongan tulang dan tulang rawan.

Polikistik ovarium (PCO) disebabkan oleh penumpukan beberapa kista kecil yang membuat hormon tidak seimbang sehingga menstruasi tidak teratur, rambut tumbuh di tubuh dan pasien menjadi tidak subur.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang bisa mengembangkan kista ovarium, di antaranya :

– Infertilitas

– Hipotiroidisme atau ketidakseimbangan hormon

– Kontrasepsi oral / pengendalian kelahiran yang menggunakan pil

– Keturunan, ibu atau nenek menderita kista serupa

– Siklus menstruasi yang tidak teratur

– Peningkatan distribusi lemak tubuh bagian atas

– Menstruasi datang lebih awal (umur 11 tahun atau lebih muda).

 

Apa Itu CancerCare?

CancerCare adalah formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit kanker. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat CancerCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

CancerCare memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membuang racun dalam darah, menghalangi sel kanker agat tidak melakukan pembelahan diri, memberantas sel kanker tanpa merusak sel sehat lainnya.