skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Kista Susah Punya Anak

Penyakit Kista Susah Punya Anak

Kista Adalah suatu berisi cairan kental, juga yang berbentuk mirip dengan anggur, juga ada yang isinya udara, cairan maupun bahan yang lainnya. Pada umumnya kista tidak disertai dengan keluhan maupun gejala. Keluhan baru akan muncul ketika ukuran kista telah membesar, ataupun letak kista yang dapat mengganggu organ tubuh lain pada sekitarnya. Jika Anda menekan saluran pada kemih, usus dan saraf maupun pembuluh darah yang cukup besar pada daerah rongga panggul.

Memang benar yang namanya kista sering dikaitkan sebagai salah satu masalah pada kesuburan kaum perempuan. Bahkan, ada anggapan seseorang yang terkena kista di ovarium (indung telur) akan sulit hamil.

Perlu diketahui, pendapat itu tidak sepenuhnya benar karena pada umumnya kista bersifat jinak, berukuran kecil, dan tidak berpengaruh terhadap kesuburan. Tetapi, kista bisa berbahaya manakala sudah berukuran besar. Lebih diperjelas lagi, kista merupakan neoplasma atau pertumbuhan sel baru yang liar. Kista bisa dikatakan berisiko jika neoplasmanya ganas dan bisa mengakibatkan kanker ovarium.

Penyakit yang mengganggu kesuburan dan sering disalahartikan sebagai kista adalah endometriosis. Endometriosis memang ada yang berbentuk kista, karena itu sering disebut kista. Padahal, kista merupakan neoplasma, sementara endometriosis berupa kelenjar dinding rahim yang abnormal dan tumbuh di luar rahim.

Biasanya penyakit endometriosis bisa mempengaruhi kesuburan dan dapat memicu terbentuknya kista di indung telur.

  1. Makanan yang Tidak Sehat

Contohnya lemak trans, yang merupakan lemak tidak sehat dan jahat, secara berlebihan.

  1. Lingkungan yang Tidak Sehat

Resiko tumbuhnya kista dalam tubuh seorang wanita akan meningkat karena lingkungan yang tidak sehat seperti timbal berat dan polusi.

  1. Folikel Tidak Bisa Berovulasi

Penyebab lain timbulnya kista dari dalam tubuh adalah kegagalan kantong telur atau folikel untuk berovulasi.

  1. Keturunan

Salah satu penyebab timbulnya kista adalah karena keturunan atau degeneratif. Resiko seseorang untuk memiliki kista akan lebih besar jika ibunya juga memiliki kista.

Apabila Setelah anda melaukan pemeriksaan dan dokter menyatakan tidak terkena Kista mungkin ada hal lain yang menyebabkan susah hamil.

Karena ada beberapa gangguan pada vagina dan alat reproduksi lainnya yang jadi penyebab susah punya anak, yaitu:

  1. Sumbatan Vagina

Ada dua jenis sumbatan yang kerap terjadi yakni sumbatan anatomik dan vaginismus. Untuk sumbatan anatomik karena bawaan, sedangkan vaginismus karena pengerutan liang vagina akibat faktor psikologis. Selain itu, sumbatan pada vagina juga dapat disebabkan oleh adanya peradangan. Peradangan ini dapat muncul lantaran bakteri yang mengakibatkan kadar keasaman pada liang vagina terlalu berlebihan, sehingga sperma dapat gagal memasuki rahim.

  1. Masalah di Saluran Telur

Kelainan saluran telur penyebab sulit punya anak yang dimaksud adalah hidrosalping, yaitu tuba yang membesar seluruhnya atau tuba yang menebal. Penyebab kerusakan di dinding tuba adalah infeksi atau adanya endometriosis. Selain hidrosalping, terdapat juga tuba yang pendek, yang disebabkan tekukan pada beberapa tempat dan perlekatan tuba. Perlekatan dapat mengganggu pergerakan fimbriae dan menahan ovarium.

  1. Gangguan Pada Rahim

Masalah lain yang dapat mengganggu transportasi sperma menuju rahim adalah kelainan rongga rahim yang disebabkan sinekia, mioma atau polip, peradangan endometrium, dan gangguan kontraksi uterus. Sperma tidak mungkin melakukan migrasi karena gerakannya sendiri. Gerakan sperma dibantu oleh kontraksi yang terjadi antara vagina dan uterus. Kontraksi ini memegang peranan penting dalam transportasi sperma ke dalam rahim hingga ke saluran telur.

Prostaglandin (senyawa asam) dalam cairan sperma dapat membuat rahim berkontraksi secara ritmik. Kurangnya prostaglandin dalam sperma akan memengaruhi perjalanan sperma. Kelainan-kelainan tersebut dapat mengganggu implantasi, pertumbuhan intrauterine dan nutrisi serta oksigenisasi janin. Untuk mengatasi ini diperlukan beragam cara, mulai pengobatan hingga pembedahan.

Permasalahan lain yang mungkin terjadi pada rahim adalah kelainan bawaan semenjak lahir berupa kelainan bentuk rahim. Kelainan bawaan ini seperti tidak memiliki rahim, rahimnya kecil, terdapat dua rahim, rahim berbentuk hati, rahim bersekat dan rahim bertanduk.

Kecuali kelainan tidak memiliki rahim, semua kelainan itu dapat diusahakan memiliki anak. Tentunya dengan pengobatan yang berbeda berdasarkan kelainan yang dimiliki. Untuk rahim yang kecil dapat dilakukan teapi hormonal agar rahimnya dapat membesar hingga ukuran normal. Sedangkan untuk bentuk rahim lainnya harus dilakukan operasi untuk mengoreksi bentuk rahim.

Apa Itu CancerCare?

CancerCare adalah formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit kanker. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat CancerCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

CancerCare memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membuang racun dalam darah, menghalangi sel kanker agat tidak melakukan pembelahan diri, memberantas sel kanker tanpa merusak sel sehat lainnya.