skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Kista Folikuler

Penyakit Kista Folikuler

Kista adalah suatu kantong yang berisi cairan kental, nanah, udara atau pun bahan lainnya yang bisa saja tumbuh di  mana saja dan jenis kista sangat bermacam macam. Ada yang bentuk kista dan ada pula yang berbentuk buah anggur. Secara fisik biasanya perut wanita yang mengalami miom akan tampak lebih besar seperti orang hamil. Terjadi rasa nyeri pada pinggul atau perut.

Penderitanya bisa menjadi sering buang air kecil karena kantung kemih nya dalam posisi tertekan. Gejala lain yang mungkin menjadi indikasi terjadinya miom adalah haid yang tidak teratur, terjadinya rasa nyeri hebat pada saat masa haid, haid lama dan darah keluar dalam jumlah banyak dan juga bisa ditandai dengan rasa nyeri pada saat berhubungan.

Keberadaan kista cenderung tidak menyebabkan gejala. Tetapi jika sel kista tersebut pecah, berukuran besar, atau menyumbat aliran darah ke ovarium, akan muncul beberapa gejala. Di antaranya:

– Menstruasi yang tidak teratur atau berubah.

– Nyeri pada tulang panggul beberapa saat sebelum atau setelah menstruasi.

– Nyeri pada tulang panggul saat berhubungan seks.

– Sering buang air kecil.

– Sulit buang air besar.

– Proses pencernaan yang tidak lancar.

– Perut terasa kembung.

– Lebih cepat merasa kenyang dibanding biasanya.

– Pusing kepala.

Kista Fungsional

penyebab penyakit kista bisa terjadi pada kondisi dimana anda sedang mengalami siklus menstruasi. Kista sangatlah tidak membahayakan namun, jika kista anda masih terbentuk benjolan yang kecil masih bisa diatasi, namun jika sudah terlalu besar hingga mencapai 5 cm sebaiknya anda melakukan pencegahan dengan cepat atau dengan melakukan operasi.korpus luteum yang merupakan adanya sel yang mampu memproduksi hormon progesteron dan estrogen yang terjadinya selepas pelepasan sel telur.

Kista Folikuler

Kistafolikuler merupakan salah satu kista fungsional yang terjadi pada saat terjadinya  proses siklus menstruasi. Kista fungsional sendiri adalah kista yang terbentuk secara normal/ fisiologik oleh rahim yang  terbentuk dari jaringan yang berubah pada saat fungsi normal menstruasi. Kista ini akan menghilang dengan sendirinya dalam jangka waktu 2-3 kali siklus haid. Kista ini berukuran kecil dan tanpa gejala yang mengganggu karena memang kista ini bersifat fisiologik tanpa mengganggu hingga orang yang memiliki kista ini tidak menyadari akan kehadiran kista ini.

Sedangkan kista folikuler adalah kista fungsional yang terbentuk selama fase ovulasi akibat terhambatnya fase ovulasi/ pecah dan keluarnya sel telur yang telah matang dari folikel. Pecahnya sel telur yang telah matang dari folikel itu sendiri dipengaruhi oleh naiknya hormone LH (Luteinizing Hormon) dimana pengeluaran hormone ini dikendalikan oleh kelenjar hipofisis di otak.

Jika pada suatu siklus haid LH tidak naik disertai dengan pecahnya folikel dan mengeluarkan sel telur yang telah matang maka folikel tersebut akan terus tumbuh dan berkembang hingga terbentuklah kista.

Namun seperti yang telah dijelaskan diatas kista ini akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu 2-3 kali siklus haid. Dan biasanya kista ini tidak berbahaya dan tidak menimbulkan gejala apapun yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan wanita yang memiliki kista ini. Namun ada kalanya kista ini membesar dan pecah sehingga menimbulkan nyeri perut yang tajam secar tiba-tiba. Gejala ini akan terasa pada fase ovulasi.

Faktor penyebab kista ovarium

Selain dengan gejalanya, ada beberapa faktor penyebab kista ovarium yang menempel pada dinding rahim.

Berikut beberapa Penyebab yang umum pada penderita Kista:

– Haid lebih cepat pada usia yang telah ditentukan

– Pengentalan darah ketika menstruasi

– Penyakit kolesterol

– Faktor keturunan

– Siklus menstruasi tidak teratur

– Hormon mengalami gangguan

 

Apa Itu CancerCare?

CancerCare adalah formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit kanker. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat CancerCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

CancerCare memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membuang racun dalam darah, menghalangi sel kanker agat tidak melakukan pembelahan diri, memberantas sel kanker tanpa merusak sel sehat lainnya.